• Toko Akrilik Online Pertama di Indonesia Dengan Berbagai Produk Custom Sesuai Permintaan
  • Kami Melayani Pemesanan Seluruh Indonesia
  • Spesialis Pembuatan Neonbox dan Huruf Timbul Akrilik
  • Sewa Podium Untuk Segala Keperluan Acara dengan Harga Sewa Termurah
Beranda » Blog » Perbedaan Format Gambar JPG dan PNG

Perbedaan Format Gambar JPG dan PNG

Diposting pada 6 March 2021 oleh Masku Creative / Dilihat: 224 kali / Kategori:

perbedaan format gambar jpg dan png

Bagi para desainer grafis istilah format gambar sudah tidak asing lagi. Bahkan ini sudah menjadi konsumsi sehari-hari yang kadang cukup membosankan bagi sebagian orang. Banyak sekali format gambar yang tersedia mulai dari JPG, PNG, TIF, GIF, BMP dan masih banyak lainnya. Kita ambil contoh sederhana saja mengenai Perbedaan Format Gambar JPG Dan PNG. Bagi para desainer tentu ini sudah diluar kepala untuk dapat menjelaskannya. Tapi bagi sebagian orang yang baru belajar memasuki dunia desain, ini adalah istilah yang cukup asing dan terkadang membingungkan. Sepintas tidak ada perbedaan diantara kedua format gambar tersebut. Namun jika dilihat dari berbagai aspek serta cara pengaplikasiannya tentu banyak sekali perbedaannya.

 

Terdapat beberpa point yang bisa menjadi ciri untuk memudahkan dalam mengetahui perbedaan Format Gambar JPG Dan PNG. Ini bisa menjadi acuan dalam memilih atau menentukan format gambar apa yang akan digunakan dalam proses desain. Tentunya ini juga disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Adapun point-point yang dapat dijadikan sebagai pembeda antara Format Gambar JPG Dan PNG yaitu meliputi Ukuran file, Kompresi, Transparasi, dan ketajaman. Dan berikut adalah penjelasan masing-masing point yang membedakan Format Gambar JPG Dan PNG.

UKURAN

Format gambar JPG merupakan format yang umum dijumpai. Seperti saat berkirim file via handphone atau berselancar diinternet, maka akan banyak dijumpai format gambar jpg. Dari segi ukuran file, gambar JPG merupakan format gambar dengan tingkat kompresi yang tinggi. Hal ini menjadikan format gambar JPG memiliki ukuran file yang relative lebih kecil disbanding format gambar PNG. Ini menjadi keuntungan tersendiri ketika menyimpan dalam jumlah banyak karena tidak terlalu memakan ruang penyimpanan. Karena ukuran yang relative lebih kecil dari format gambar lainnya, ini menjadikan JPG sebagai format standar untuk kamera digital dan smartphone.

Format Gambar PNG / Portable Network Graphic sering dijumpai pada website-website yang menggunakan asset icon gambar. Ini dikarenakan format gambar PNG mendukung transparansi yang dapat menampilkan gambar tanpa background. Banyak pengaplikasian yang dapat dilakukan dengan format gambar png antara lain Icon, foto produk, dan kombinasi desain unik yang membutuhkan banyak property gambar lainnya. Namun dari kelebihan itu semua, ukuran file format gambar png relative lebih besar dari gambar JPG. Ini menjadi catatan tersendiri ketika melakukan penyimpanan file karena akan sedikit memakan kapasitas ruang memory yang tersedia.

KOMPRESI

Sebagian besar aplikasi memerlukan proses kompresi untuk setiap gambar yang diterima. Ini adalah proses wajar yang dilakukan untuk mengurangi ukuran gambar yang di distribusikan agar menjadi lebih cepat dan mendukung semua perangkat. Dari proses kompresi ini akan menghasilkan output gambar yang berbeda untuk setiap jenis formatnya.

Gambar JPG memiliki tingkat kompresi yang tinggi dengan hanya menggunakan warna True Color. Dengan tingkat kompresi yang tinggi menjadikan ukuran gambar JPG menjadi lebih kecil. Namun dari sisi kualitas akan mengalami penurunan. Ini menjadi kelemahan dari gambar JPG itu sendiri.

Gambar PNG dikenal dengan istilah Lossless, atau dapat diartikan tidak terlalu terpengaruh dengan proses kompresi. Kualitas gambar PNG akan tetap sama sekalipun mengalami proses kompresi. Tidak seperti Gambar JPG yang akan mengalami penurunan kualitas gambar setelah di kompressi dengan timbul artefak atau blur pada gambar.

TRANSPARANSI

Untuk format JPG sayangnya tidak mendukung transparansi. Hal ini dikarenakan format gambar JPG memiliki palet warna terbatas. Sedangkan format gambar PNG merupakan pilihan terbaik untuk menghasilkan gambar dengan transparansi. Jadi untuk kebutuhan gambar tanpa background jelas paling cocok format gambar PNG.

KETAJAMAN

Ketajaman gambar sangat menjadi nilai tambah dalam sebuah desain. Tentu ini adalah tantangan yang sulit terlebih harus memadukan 2 unsur yang berlawanan dimana kualitas ketajaman diutamakan tapi dengan ukuran file yang kecil. Ini alasan kenapa perlu memahami perbedaan Format Gambar JPG Dan PNG bagi para desainer maupun pemula. Ketajaman gambar JPG dapat dipertahankan dengan tidak melakukan kompresi dan akan mengalami penurunan kualitas seiring proses kompresi. Sedangkan Ketajaman gambar PNG dapat dipertahankan dalam setia kondii apapun.

Dari uraian diatas maka dapat disimpulkan untuk mendapatkan gambar yang lebih tajam tentunya memilih format gambar PNG tapi dengan konsekuensi ukuran file lebih besar. Dan jika ingin mempertahankan ukuran yang lebih kecil tentunya memilih format JPG.

Pada intinya semua format gambar baik itu JPG maupun PNG memiliki keunggulan dan kelemahan pada masing-masing sisi. Selanjutnya untuk memilih mana yang harus digunakan tentu dapat dilakukan dengan pertimbangan situasional untuk setiap kebutuhannya.

Sebagai referensi penggunaan format gambar PNG bisa dilihat pada artikel tentang Cara Membuat Gantungan Kunci Akrilik Custom Unik.

Tags: ,

Bagikan ke

Perbedaan Format Gambar JPG dan PNG - Tokoakrilik.com

Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama memberikan komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Perbedaan Format Gambar JPG dan PNG

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan Marketing kami

Seno
● online
Erna
● online
Hendra
● online
Seno
● online
Halo, perkenalkan saya Seno
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja